DISDIK SAROLANGUN AKAN SEGERA PANGGIL KEPSEK SD N 02 TERKAIT DUGAAN PENJUALAN BUKU LKS DAN MODUL

83 0

DISDIK SAROLANGUN AKAN SEGERA PANGGIL KEPSEK SD N 02 TERKAIT DUGAAN PENJUALAN BUKU LKS DAN MODUL

SEPUTARSAROLANGUN.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sarolangun akan memanggil Kepala sekolah SD N 02 terkait penjualan buku paket dan lembar kerja siswa (LKS) kepada siswa.

“Jika ada penerbit yang menawarkan buku paket dan LKS, sekolah harus menolak. Jika terjadi sebaliknya,sudah dipastikan kepala sekolah ada kongkalikong dengan penerbit dan pasti akan ditindak. Bentuk tindakannya,kita panggil dahulu jika terbukti maka kepala sekolah diberhentikan,” tegas Kabid Dikdas H.Harun.

Larangan penjualan buku paket dan LKS di lingkungan sekolah itu, sambungnya,berdasarkan pada UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No 17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.Dengan dua payung aturan itu, Menteri Pendidikan Nasional (pada saat itu) telah menerbitkan Peraturan Mendiknas No 2/2008 tentang Buku.

“Pasal 11 Peraturan Mendiknas No 2/2008 melarang sekolah bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada peserta didik. Sekolah jangan coba-coba mencari celah,” ujar H.Harun.

Ia mengakui, di wilayahnya hingga saat ini masih ada praktik penjualan buku paket dan LKS yang dilakukan pihak sekolah. Karena itu, ia akan meningkatkan pengawasan terhadap sekolah tersebut.

Saat mengkomfirmasi Kepsek SD Negeri 02 Sarolangun Zuraida mengatakan, jika tidak ada penjualan buku di SD N 02 Sarolangun.  (SYA)

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *