BUPATI MINTA UNTUK MENJAGA DAN MELESTARIKAN ADAT ISTIADAT

13 0

BUPATI MINTA UNTUK MENJAGA DAN MELESTARIKAN ADAT ISTIADAT

SEPUTARSAROLANGUN.COM – Sebagai Kabupaten yang memegang adat,Bupati Sarolangun H.Cek Endra meminta kepada seluruh pemangku adat dan seluruh masyarakat termasuk dunia pendidikan untuk selalu menjaga nilai-nilai adat istiadat serta melestarikannya.

Hal tersebut disampaikan H.Cek Endra saat selesai menerima pemberian gelar adat pada dirinya sebagai Datuk Temenggung Setio Rajo di Kecamatan Mandiangin, Senin (29/01/2018).

“Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu pemegang adat melayu Jambi. Oleh karena para pemangku adat dan seluruh masyarakat Sarolangun harus mendukung dan ikut serta dalam menumbuhkembangkan adat istiadat yang berkembang ditengah-tengah masyarakat,”ucapnya.

Selain itu juga adat Sarolangun yang merupakan adat melayu Jambi ini perlu dilestarikan sehingga penyelenggaraan adat ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tata urutan serta dapat dilaksanakan secara terus menerus dimasa yang akan datang”, jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati H.Cek Endra menyampaikan bahwa adat merupakan kebiasaan masyarakat dan hukum yang tidak tertulis akan tetapi adat istiadat dipegang teguh oleh masyarakat Sarolangun.

“Apalagi Sarolangun memiliki prinsif adat bersendikan sara, sara bersendikan kitabullah. Artinya nilai-nilai adat selalu berkaitan dengan nilai-nilai agama Islam yang selama ini telah dipegang teguh oleh masyarakat,”pungkasnya. (SYA)

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *