ILLEGAL LOGING MARAK DI SAROLANGUN, SATU TRUK DIAMANKAN

31 0

ILLEGAL LOGING MARAK DI SAROLANGUN, SATU TRUK DIAMANKAN

Dinas Kehutanan Provinsi Jambi melalui UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun, mengamankan satu unit trus PS dengan nopol BH.8765.SU bermuatan kayu bulat yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah, di Simpang EMAL Kelurahan Pauh, dengan sopir bernama AL/AK umur 31 tahun alamat Desa Baru (baca : Dusun Baru) Kec. Air Hitam.

Budi Kus Yulianto, S.Hut selaku Kepala UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun melalui Kasi Perlindungan Hutan, KSDAE dan PM, Kamal Idris, SP, M.Si, mengatakan bahwa satu truk tersebut diamankan pada hari senin, 2 April 2018. Kegiatan ini merupakan laporan masyarakat dan pulbaket terhadap keresahan maraknya penebangan kayu di kawasan Hutan Produksi (HP) Serengam Ilir sekitar Kec. Air Hitam dan pengangkutan kayu bulat yg diduga tidak dilengakapi dokumen sah.
Menurut Kamal Idris, bahwa truk tersebut bermuatan kayu bulat jenis rimba campuran dan meranti, sebanyal 101 batang, sama dengan 8,29 meter kubik berukuran panjang 130 cm dan 260 cm.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasi Perlindungan Hutan, KSDAE dan PM, didukung dengan 3 anggota Polisi Kehutanan dan 4 orang staf perlindungan hutan. Selanjutnya ia terangkan bahwa Barang Bukti truk, kayu dan sopir telah diserahkan kepada PPNS Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, yang kemudian akan dilakukan pengembangan terhadap otak atau aktor pemodal kegiatan illegal loging ini.

Menurut Budi Kus Yulianto, bahwa KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun pada saat ini fokus melakukan penindakan atas kegiatan pembalakan liar, pembakaran hutan dan penambangan minyak tanpa izin. Berharap kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah kerja KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun meliputi Kecamatan Singkut, Pelawan, Sarolangun, Air Hitam, Pauh dan Mandiangin, dapat mendukung kelestarian hutan.

Jurnalis vadli adi

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *